Setelah memahami cara menggunakan fungsi int86 atau teknik inline assembly untuk melakukan operasi pada layar monitor, maka kita dapat membuat sebuah class tersendiri untuk melakukan operasi pada layar monitor. Class yang akan kita buat akan mengenkapsulasi fungsi-fungsi setMode, getMode, writeChar, writeString, setCursorPos, getCursorPos dan getCharAttr. Namun, agar class yang dibuat dalam proses eksekusi program (runtime) bekerja lebih optimal maka semua fungsi anggota (method) yang pada pembahasan sebelumnya dibuat menggunakan fungsi standar int86, kali ini akan ditulis ulang menggunakan teknik inline assembly.
Dalam pembuatan class dapat dilakukan tanpa membuat project terlebih dahulu, jadi cukup dilakukan dengan memilih menu File kemudian pilih submenu New lalu pilih Text Edit dari IDE Borland C++ 5.02. Class yang akan dibuat bernama Screen dan simpan kode program berikut ini dengan nama screen.cpp.
Untuk Filenya Silahkan Download Disini
2. Class Keyboard
Setelah
memahami teknik-teknik memasukan data melalui keyboard menggunakan
teknik inline assembly, pada sub bab ini akan dibuat pustaka class
(class library) yang mengenkapsulasi semua fungsi operasi keyboard yang
telah dibuat sebelumnya. Jadi, fungsi getKey, getSpecialKey, getString, getPwdString dan getKeyState akan menjadi fungsi anggota class Keyboard. Class Keyboard akan bertindak seperti class Screen pada file screen.cpp, yaitu menyediakan antarmuka untuk operasi input menggunakan keyboard.
Pada class Keyboard akan ditambahkan dua fungsi anggota baru, yaitu fungsi hideCursor (untuk menyembunyikan kursor) dan fungsi showCursor (untuk menampilkan kursor). Karena class Keyboard yang akan dibuat menggunakan class Screen maka file kode program class Keyboard, keyboard.cpp, harus disimpan dalam direktori yang sama. Berikut ini adalah kode program class Keyboard.
Untuk Filenya Silahkan Download Disini
3. Class Mouse
Setelah memahami dan mempraktekkan teknik-teknik mengoperasikan mouse
menggunakan teknik inline assembly, maka pada sub bab ini akan dibuat pustaka class (class library) untuk mengenkapsulasi fungsi-fungsi operasi mouse yang telah dipraktekkan pada contoh-contoh program sebelumnya. Pustaka class ini akan disimpan dalam file kode program mouse.cpp. Pustaka class.cpp akan bertindak seperti file screen.cpp dan keyboard.cpp yang menyediakan objek untuk operasi mouse. Perhatikan dan pelajari pustaka class mouse.cpp berikut ini, kemudian jelaskanlah letak perbedaan fungsi-fungsi anggota pada class Mouse dengan fungsi-fungsi pada contoh program sebelumnya.
Untuk Filenya Silahkan Download Disini
Download Modul Klik DISINI !!
0 komentar:
Posting Komentar