Kamis, 24 April 2014

CARA PROTEKSI PDF AGAR TIDAK DI COPY PASTE

Budaya copy-paste dikalangan mahasiswa dan kampus memang sudah menjadi hal lumrah. Hal ini tidak boleh diteruskan, salah satu upaya untuk mencegahnya adalah memproteksi file atau materi yang kita buat agar tidak dapat di copy-paste isinya. Untuk contoh saya menggunakan file bertipe .pdf. Mari kita ikuti langkah-langkahnya:
Langkah 1
Hal yang pertama kita harus mempuyai software tambahan, yaitu doPDF dan Foxit Reader. Anda dapat download software doPDF di http://www.dopdf.com, doPDF adalah software pembuat file pdf gratis. Sedangkan Foxit Reader adalah software untuk membaca file pdf/viewer pdf, anda bisa download foxit reader di http://www.foxitsoftware.com.

 
Langkah 2
Setelah doPDF dan foxit reader sudah terinstall, ubahlah file yang berekstensi .doc menjadi .pdf dengan cara mencetak file. Klik Menu File->Print atau tekan (Ctrl+P).
Langkah 3
Lalu pastikan nama printer yang aktif adalah doPDF v7
Lalu klik Print
Langkah 4
Lalu akan muncul panel doPDF-Save PDF file, klik browse untuk memilih tempat penyimpanan file anda. Lalu klik OK.
Langkah 5
Setelah di print maka akan tampil file PDF yang kita buat tadi. Viewer yang tampil adalah Foxit Reader, bisa kita lihat text pada viewer pdf masih bisa kita seleksi / blok. Sehingga isi dari file bisa di copy-paste dengan mudah.
Langkah 6
Agar text atau isi file tidak bisa di blok/diseleksi, maka cetak kembali dokumenya dengan cara pilih menu File->Print atau tekan (Ctrl+P). Selanjutnya akan muncul panel print properties. Pastikan kembali name printer yang terdeteksi adalah doPDF v7, lalu klik OK.
Langkah 7
Maka akan tampil kembali panel doPDF-Save PDF file. Klik browse untuk menyimpan file hasil proteksi yang kita buat. Klik OK untuk menyimpanya.
Dan hasilnya bisa anda lihat, sekarang file .pdf anda tidak bisa di blok atau diseleksi. Semoga budaya copy-paste maupun plagiat tidak mendarah daging di kalangan mahasiswa, dosen, dan lingkungan kampus. Aamiin J (SGH)
*Catatan : Untuk hasil maksimal anda harus menggunakan pdf viewer Foxit Reader, untuk pdf viewer yang lain seperti adobe reader, adobe acrobat belum bisa digunakkan untuk proteksi file, ketika saya mencoba menggunakan adobe acrobat isi file masih bisa diseleksi / dicopy.

Sumber : Singgih Ardianto

3 komentar:

  1. bro thanks banget infonya. Lumayan nih buat dokumen posting gak di copy paste.Semoga makin berkembang. Kalau ada ilmu lain lagi, ditunggu infonya ya.

    BalasHapus
  2. Pake SnapShot masih bisa di copy paste, bgitu jga klo di pdf nya ada image misal tanda tangan, pke SnapShot di foxit atau adobe masih bisa di copy paste.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah yg namanya jg manusia, pasti selalu ada kelemahannya kan? intinya tujuan postingan disini meminimalisir kegiatan copy paste :)

      Hapus